• June 6, 2021

Bumi Berputar Lebih Cepat dan Dampaknya bagi Manusia

berputar lebih cepat dalam satu hari. Hal ini sudah terjadi selama 50 tahun belakangan ini. Rotasi Bumi yang lebih pendek dari biasanya, berakibat pada durasi satu hari yang lebih cepat dari 24 jam.

Para pencatat waktu dunia kini memperdebatkan apakah mereka harus mengurangi waktu 1 detik lebih cepat dalam satu hari dan menyesuaikannya dengan rotasi Bumi. Ini dinamakan negative leap second atau lompatan detik negatif.
Hal itu belum pernah dilakukan sebelumnya. Namun sejak tahun 1970, ketika pertama kali ditemukan Bumi berputar lebih cepat, total 27 ‘detik kabisat’ telah ditambahkan, untuk menjaga waktu atom agar sejalan dengan waktu Matahari.
Upaya ini dilakukan karena Bumi membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari 24 jam untuk menyelesaikan rotasi. Sejak tahun lalu, waktu yang dibutuhkan Bumi untuk berotasi kian berkurang sedikit demi sedikit.
Sejak 1960-an, jam atom mampu mencatat panjang hari yang sangat akurat. Berdasarkan pantauan, ditemukan bahwa selama 50 tahun terakhir, Bumi membutuhkan waktu kurang dari 24 jam (atau selama 86.400 detik) untuk menyelesaikan satu rotasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *